GULA AREN (Palm Sugar), THE PRECIOUS ONE ^^


Kecap, saus, sirup, serta aneka kue basah maupun kering merupakan jenis-jenis bahan konsumsi yang akrab dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Pada makanan atau minuman itu biasanya terkandung pemanis. Sering kali masyarakat kurang menyadari apakah pemanis yang ada dalam bahan konsumsi itu aman bagi kesehatan atau tidak. Padahal, tidak sedikit dari makanan atau minuman tersebut menggunakan pemanis buatan yang notabene membahayakan kesehatan. Demi menghindari efek negatif dari pemanis buatan, seyogyanya masyarakat kembali ke alam alias mengonsumsi makanan dan minuman yang dibuat dari gula asli. Salah satu jenis pemanis natural itu ialah gula dari pati-patian (starch sweetener).

Gula aren atau sering juga disebut gula merah merupakan salah satu jenis starch sweetener. Gula aren kerap diasosiasikan pula dengan segala jenis gula yang dibuat dari nira, yaitu cairan yang dikeluarkan dari bunga pohon keluarga palma, seperti kelapa, aren, dan siwalan. Salah satu jenis tanaman yang masuk keluarga palma ialah pohon enau (Aranga pinnata). Tanaman itu memiliki akar yang kuat dan menjalar ke mana-mana.  Selain menghasilkan nira sebagai bahan baku gula aren, enau memberikan banyak manfaat bagi manusia. Beberapa di antaranya ialah buahnya dapat dibuat kolang-kaling sebagai campuran makanan atau minuman, serta ijuknya untuk resapan air, dibuat sapu atau alas lantai (keset).

Pohon enau yang sudah berusia 15 sampai 20 tahun dapat menghasilkan nira sebanyak 8 liter per hari dan 25 sampai 35 kilogram kolangkaling. Namun, pada umumnya pohon enau tidak disukai petani, sebab akarnya menjalar ke manamana sehingga merusak tanaman di sekitarnya. Biasanya pohon tersebut tumbuh dan berkembang biak dengan baik di hutan-hutan. Gula aren yang dihasilkan dari enau berasal dari bunga (mayang) yang belum mekar. Bunga tersebut diikat kuat, terkadang ditekan dengan dua batang kayu pada bagian pangkalnya sehingga proses pemekaran pun terhambat. Sari makanan yang seharusnya dipakai untuk memekarkan bunga akhirnya menumpuk menjadi cairan gula, dan bunga pun membengkak. Setelah proses pembengkakan berhenti, batang mayang diiris-iris untuk mengeluarkan cairan gula secara bertahap. Cairan biasanya ditampung dengan timba yang terbuat dari daun pohon palma tersebut. Cairan tersebut kemudian diambil secara bertahap, biasanya dua hingga tiga kali pengambilan. Setelah itu cairan dipanaskan dengan api sampai mengental. Apabila sudah benar-benar kental, cairan dituangkan ke mangkuk-mangkuk yang terbuat dari daun palma. Gula pun siap dipasarkan. 

Secara umum, pemanis yang terbuat dari nira aren terbilang alami dan organik karena diproduksi tanpa memakai zat kimia sintetis maupun pewarna buatan. Berdasarkan hasil penelitian Philippine Food and Nutrition Research Institute, diketahui bahwa gula aren memiliki kandungan makro nutrien yang lebih banyak daripada madu dan gula tebu. Selain itu, gula aren mengandung nitrogen, klorida (Cl), sulfur, dan boron yang tidak dimiliki pemanis lainnya. Secara alamiah, gula aren yang biasanya digunakan untuk pemanis pada kecap memiliki Index Glycemic (GI) yang rendah. Hal itu menunjukkan gula aren aman dikonsumsi oleh pengidap diabetes atau efektif untuk menurunkan berat badan :)

Produk yang memakai gula aren lainnya adalah dodol, apem, klepon, wajik, cucur, lupis, cendol, dan aneka jenis kolak. Bahkan meminum gula aren yang dilarutkan dalam air putih merupakan kebiasaan yang umum di desa. Minuman ini memiliki kelebihan, selain menimbulkan tenaga, juga dapat menghilangkan sakit pinggang dan pegal-pegal. Kalau ditambahkan batu es, rasanya tambah sedap.

These are some products made from "palm sugar" :



















So, the point is, PALM SUGAR could be the next alternative for agroindustry!! v^o^v

40 comments:

Aninda said...

gading, ada kemungkinan nggak buat gula aren dijadikan komoditi ekspor? :O

Gadz Odonk said...

@ninda : bisa bgt nin.. emg banyak yg belum tau sih, tapi gula aren tu produk ASELI Indonesia yg udah byk diekspor ke negara2 Asia - Eropa . Jepang tu konsumen terbesar . Hehehe

fantastikus said...

konsumsi gula aren yang berlebihan ada dampaknya g ?

Gadz Odonk said...

@tikus : ada saay.. apapun yang berlebihan pasti ada dampak negatifnya . Penyakit tentunya yg paling sering muncul . Usahakan samakan porsi konsumsi gula dan makanan bergizi lainnya . Apalagi klo usia kita uda gak muda lagi :)

Jancirit Blog said...

um.. gula aren boleh dikonsumsi secara normal oleh penderita diabetes gak ya?? :p..

Gadz Odonk said...

@jancirit (nama yg aneh btw) : bisaaa!! Pertama, selain glukosa, gula aren mengandung protein kasar, mineral, dan vitamin. Kedua, warna cokelatnya ternyata adalah kandungan serat makanan yang bermanfaat untuk kesehatan pencernaan. Dan ketiga, terdapat senyawa - senyawa yang berfungsi menghambat penyerapan kolesterol disaluran pencernaan =)

aniymon said...

gula aren tu lebih baik ya dari gula pasir umum gitu?

Gadz Odonk said...

@ani : karena gula aren gak ada pemanis & pewarna buatan.. gula pasir warna putihnya kn kadang gak asli neng

pujihartoyo.blogspot.com said...

ada efeknya gak ding buat yang diabetes//

Gadz Odonk said...

@mb puji : sudah aq jawab di atas postnya ani yaa..

icecreamaholic said...

aku baru tau kalo gula aren bisa menghilangkan pegal2. apa kalau dikonsumsi secara rutin bisa jadi terapi untuk penderita sakit pinggang yang kronis ?

Grandis in the jungle said...

apa aja sih syarat pohon aren yg bisa diolah jadi gula aren??apakah hanya dari po'on enau yg brusia antara 15-20 aja?

Gadz Odonk said...

@winda : klo udah kronis mungkin hrs sesuai petunjuk dokter yaa, gula aren hanya bs mengurangi rasa sakit, gak langsung menyembuhkan =)
@grandis: kalo udah berusia 15-20 itu berarti buah arennya sdh matang, warna kuning kecoklatan dan daging buah lunak jd niranya udah bs diambil :)

Eldwin Ivan D said...

walaupun dari penelitian Philippine Food and Nutrition Research Institute, diketahui bahwa gula aren memiliki kandungan makro nutrien yang lebih banyak daripada madu dan gula tebu, tapi gula pasir dari tebu, tetap lebih diminati.....

Gadz Odonk said...
This comment has been removed by the author.
Resti Diah Utami said...

palm sugar bisa menyebabkan resiko diabetes ga ya mba gadz?

christianwandaputra said...

hhmm . bagaimana ya caranya untuk menjadikan gula aren menjadi pengganti gula pasir biasa yang sekarang menjadi bahan pemanis utama makanan secara umum????

cinnong said...

hebaaaaaat, ternyata banyak ya olahan gula aren

Gadz Odonk said...

@resti : ohh gak kok.. kan justru tidak membahayakan bagi penderita diabetes lhoh krn terdapat senyawa - senyawa yang berfungsi menghambat penyerapan kolesterol disaluran pencernaan .
@bocil :bisa sihh, tapi sayangnya pabrik gula di Indonesia merasa bahwa biaya utk memproduksi gula aren lebih mahal dari gula pasir putih..

papipuPEPOBH said...

rasanya bedanya sama gula pasir biasa gimana ?

jump said...

gula aren kan warnanya coklat tuh, kalo misalnya warna-warni pasti bisa jadi permen gula aren. kira-kira kalo dikasih pewarna bisa gak tuh?

DENDEN said...

bagusan mana kandungan n manfaatnya, gula aren apa gula jawa? :D

khosy.tip said...

selain pohon enau, pohon apa lagi yang bisa menghasilkan nira?

Gadz Odonk said...

@pebi : rasanya manis gula aren . trs gula aren tuh lebih lengket gtu .
@abuu : klo pewarna buatan kyknya malah ntar mengurangi kepercayaan konsumen utk beli gula arennya sendiri dong .
@denden : gula aren sm gula jawa tu samaaa denaaa haha

ro88y91 said...

klo umurnya masih muda bisa hsl in brp liter?

The Popo and The Cracky said...

kira-kira manfaat bagi kesehatan selain aman dikonsumsi orang diabetes apalagi ? hampir sama fungsi kaya gula tropicana slim gt ga ?

Bean inc said...

inovasi terbaru apa saja yang telah dihasilkan oleh gula aren???????
no hoakz...

Gadz Odonk said...

@yani : pohon siwalan..
@robby : klo masi muda blm bs ditadah niranya jd ga sampe liter2an mungkin
@putri : iya mirip sm tropicana tp kn klo gula aren bener2 produk aseli lokal, klo tropicana kn mungkin uda dicampur2 bhn kimia lain gtu

cerminan hidup said...

bakpia tuh nilai gizinya apa?

Gadz Odonk said...

@bintang :ada! permen rumput laut & sirup temulawak :) googling aja .
@sani :kandungan gizinya cukup tinggi, yakni protein 5 persen, lemak 9,1 persen dan serat 9,1 persen. Kandungan serat yang tinggi ini sangat membantu kelancaran pencernaan.

Reza.. said...

waw..
menarik2..

Gadz Odonk said...

@reza: menarik apaan boss? menarik sapi? kambing? hahahaa

ERLIND'S BLOG said...

wah ternyata gula aren bisa diolah jadi bermacam produk ya,, hhe

Si KoDoK NgoReK said...

bagus mana kualitas rasa dari gula pasir atau gula aren....?

Gadz Odonk said...

@kodok : klo rasa manis yg alami yg kmu maksud jelas lebih bagus gula aren . karena pabrik gula pasir putih sekarang gak jarang nambahin bhan2 pemnais kimiawi

my admin said...

ada efek sampingnya gag? n kelebihannya dari pada gula pasir apa???????????

honey bee better said...

apakh kandungan dalam gula aren dapat digantikan dengan gula yang lain???

coment balik y

Gladys c'est tres jolie said...

mbak, untuk penderita diabetes, takaran konsumsi gula arennya seberapa ya?

simpel sample said...

kalo gula aren ini kekurangannya ap ya ding??

Grace Rahmawati said...

menurutmu gula aren bsa dijadikan pengganti gula pasir gag kalau buat kue tart..??

Post a Comment

Followers

Powered by Blogger.

I'm on Bloglovin!

Follow on Bloglovin

such a movie-goers

such a movie-goers
You+Me=lovetape

AtoZ-movies

AtoZ-movies
click the picture babe

Magical Pictures

My Twitter-bees